Thursday, 13 August 2015

Bahayanya Minum Kopi Saat Alami Hipotermia

Bahayanya Minum Kopi Saat Alami Hipotermia


TRIBUNNEWS.COM - KOPI menjadi minuman favorit sebagian orang. Hanya saja saat mengalami hipotermia jangan sekali-kali mengkonsumsi minuman ini.

Dokter Umum di PMI Cabang Surakarta, Dr Christina Roosarjani, MSi mengatakan seseorang yang mengalami hipotermi disarankan minum yang manis, hangat dan konsumsi makanan tinggi energi.
Bahayanya Minum Kopi Saat Alami Hipotermia


“Jangan sekali-kali mengonsumsi alkohol, rokok, bahkan kopi. Kopi tidak dianjurkan karena bersifat diuretik sehingga menyebabkan seseorang terus berkemih. Jika kondisi itu terjadi, maka bisa jadi pasien juga mengalami kekurangan cairan,” kata dia kata bijak cinta dalam bahasa inggris.

Ia mengungkapkan normalnya suhu tubuh manusia berkisar di 37 derajat Celsius. Jika suhu tubuh mengalami penurunan dua derajat Celsius, hal itu perlu diwaspadai karena bisa saja mengarah ke hipotermi.

Untuk penanganannya, Christin menyampaikan pasien harus secepatnya menutupi kulitnya dengan baju yang tebal dari ujung kaki sampai kepala kata bijak cinta dalam bahasa inggris.

“Kalau bajunya basah, harus secepatnya diganti sehingga suhu tubuh tidak menguap bersama dengan pakaian itu. Yang terpenting, harus menghindari angin karena bisa menyerap panas tubuh,” ujarnya.

Sebagai antisipasi sebelum bepergian, seseorang sudah harus memetakan apa saja yang diperlukan. Termasuk disesuaikan dengan medan yang dilalui untuk mencapai tujuan. (Joglosemar/Murniati)

No comments:

Post a Comment